3 Software Video Editor Terbaik yang Bisa Anda Gunakan Sekarang Juga

Untuk dapat menghasilkan video yang berkualitas, Anda jangan sembarangan memilih software video editor untuk mengedit video.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi edit video/video editor yang keren dan bisa menghasilkan berbagai video yang menarik. Kabar baiknya, software tersebut bersifat gratis dan Anda hanya perlu mendownloadnya saja.

Banyak sekali software video editor yang gratis. Tetapi, tidak semua software tersebut memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak sedikit aplikasi edit video yang menghasilkan video yang tidak sesuai dengan  keinginan penggunanya. Untuk itulah, langsung saja kita bahas beberapa software terbaik untuk edit video supaya hasil video Anda lebih memuaskan dan sesuai harapan.

Baca Juga: Fanpage Facebook Kini Bisa Hasilkan Uang (Monetize Video)

  1. Blender

Blender merupakan salah satu aplikasi edit video yang cukup favorit dan banyak diminati. Blender adalah software video editor yang bersifat ­open source. Itu artinya software tersebut bisa dikembangkan sendiri untuk tujuan komersial selama tidak melanggar license dari Blender itu sendiri.

Aplikasi Blender ini termasuk aplikasi edit video gratis. Walaupun gratis, tetapi kualitas yang dihasilkan oleh aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi untuk edit video yang lainnya, seperti: AutoCAD, 3DSMax, dan lain-lain. Anda bisa download langsung pada web resminya.

Perkembangan aplikasi yang satu ini cukup cepat dibandingkan aplikasi editing video lainnya. Itu karena aplikasi ini bersifat open source, sehingga banyak developer yang mengembangkan aplikasi tersebut. Para developer tersebut memiliki komunitas yang tersebar di seluruh dunia.

Fitur pada Blender ini juga bisa dibilang lengkap. Jadi, walaupun gratis tetapi Blender cukup menawarkan fitur yang tidak kalah dengan aplikasi edit video berbayar. Contoh fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

  • Node Compositing
  • Game Engine
  • Sculpting, dan lain-lain

Selain itu, aplikasi ini cukup ringan dan tidak membutuhkan PC dengan spesifikasi yang tinggi. Batas minimal spesifikasi untuk bisa menjalankan Blender adalah memiliki kapasitas RAM sebesar 512MB.

Selain itu, Anda tidak memerlukan VGA external untuk dapat menggunakan aplikasi yang satu ini. Hanya dengan VGA on-board Anda bisa menggunakan Blender untuk melakukan editing video.

Baca Juga: Alternatif Google Adsense

  1. HitFilm Express

Software video editor yang satu ini juga termasuk salah satu software terbaik untuk mengedit video. HitFilm Express ini seperti gabungan antara software 3D compositing dan video editing. Anda bisa melakukan compositing dengan cara menekan tombol TAB pada keyboard.

Software ini bisa Anda download secara gratis pada web resminya. Walaupun gratis, tetapi kualitas dari aplikasi ini tidak kalah dengan yang berbayar. Buktinya, banyak film besar yang dibuat dengan mengguakan aplikasi ini.

Untuk efek visual pada HitFilm Express ini sangat banyak, seperti ledakan, hujan, api, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat objek menjadi 3D yang tidak kalah hebatnya dengan Adobe After Effects. Dengan demikian, Anda bisa mengasah kreativitas dalam mengedit video.

  1. LightWorks

Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat video maupun film yang profesional. LightWorks memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk LightWorks versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk Anda dalam melakukan editing video.

Perbedaan antara versi Pro (berbayar) dengan Free (gratis) adalah pada resolusi video yang dihasilkan. Jika menggunakan versi Free, Anda hanya bisa mengekspor video dengan resolusi maksimal sebesar 720p.

LightWorks ini juga bersifat multi-platform, yaitu bisa dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti: Windows, Linux dan Mac. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai format video. Artinya, Anda bisa memilih format video ketika selesai mengeditnya.

Baca Juga: Pendapatan Pasif Google Adsense dari Blog/Youtube

Nah, itulah beberapa software video editor terbaik dan gratis yang bisa Anda coba untuk mengedit video. Meskipun gratis, tetapi kualitas aplikasi tersebut tidak kalah dengan yang berbayar.

2 thoughts on “3 Software Video Editor Terbaik yang Bisa Anda Gunakan Sekarang Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *