Android vs iOS : 5 Kelebihan dan Kekurangan Android dan IOS yang Harus Anda Tahu

Android dan iOS merupakan dua petarung sejati yang bersaing dan menggeluti bidang smartphone. Kedua produk ini memiliki berbagai keunggulan serta ciri khasnya masing-masing yang mampu menarik perhatian para calon penggunanya. Karenanya, banyak hal menarik ketika membahas Android vs iOS.

Android dan iOS merupakan sistem operasi pada smartphone yang paling diminati oleh masyarakat. Itu karena mereka memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri yang sesuai dengan selera pengguna. Apa saja kelebihan dan kelemahan masing-masing sistem operasi tersebut?

Baca Juga: Smartphone High-end Termahal yang Layak Dibeli

Android vs iOS

  1. Open Source atau Close Source

Salah satu kelebihan Android yang tidak dimiliki oleh iOS adalah Android bersifat open source. Anda bisa memodifikasi maupun mengembangkan Android yang Anda miliki dengan membuat software/aplikasi dengan lebih mudah sesuai dengan keinginan.

Anda bisa menemukan berbagai aplikasi yang dicari pada Play Store. Berbeda halnya jika menggunakan iOS, aplikasi yang ditawarkan sangatlah terbatas.

  1. Harga

Android terkenal memiliki harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iOS. Itu karena fitur pada iOS lebih terkesan mewah dan elegan sehingga akan wajar jika dibanderol harga yang mahal.

Memang sudah menjadi rahasia umum kalau harga Android selalu di bawah iOS. Itulah salah satu hal yang menyebabkan Android banyak diminati. Jika ingin membeli iOS pasti akan berpikir-pikir dahulu. Berbeda halnya jika Anda berasal dari kalangan menengah ke atas.

Tetapi, walaupun harga iOS lebih mahal daripada Android, harga iOS akan lebih stabil ketika dijual kembali. Apabila Anda menggunakan iOS kemudian berapa tahun kemudian ingin menjualnya, harga jualnya tidak terlalu turun.

Baca Juga: Smartphone Murah dengan Spec Mantap

  1. Keamanan

Untuk hal keamanan, iPhone masih menjadi pemenang. Itu karena pada iPhone tidak ada software yang berfungsi untuk memecahkan enkripsi. Sedangkan pada Android sangatlah banyak sehingga keamanan Android kalah jika dibandingkan dengan iOS.

Selain itu, metadata pada iPhone lebih baik daripada Android. Metadata pada iPhone sangatlah berbeda dengan metadata Android. NSA sudah mulai meningkatkan keamanan metadata pada Android. Tetapi, justru hal itu bisa membuat keamanan kita menjadi celah bagi oknum.

  1. Akun

Ketika pada Android, Anda bisa mendaftarkan beberapa email. Berbeda halnya jika pada iOS, Anda hanya bisa mendaftar satu email untuk satu perangkat. Hal ini merupakan pedang bermata dua. Bisa bermanfaat bagi Anda ataupun sebaliknya.

Apabila Anda memiliki alamat email yang sangat penting bagi aktivitas, sangat tidak disarankan untuk mendaftarkannya pada iPhone. Itu karena pada beberapa hal, tidak bisa mendaftarkan alamat email yang telah terdaftar pada iPhone.

Alamat email pada iPhone tidak bisa diganti walaupun sudah dijual kepada orang lain. Untuk itulah sebaiknya menggunakan alamat email yang tidak terlalu penting.

  1. Penyimpanan Eksternal

Android telah dirancang dengan memiliki slot untuk penyimpanan eksternal. Anda bisa memasukkan SD Card pada Android untuk menambah kapasitas penyimpanan. Tetapi, jangan harap bisa melakukannya pada iPhone.

Pada iPhone, tidak terdapat slot untuk penyimpanan eksternal sehingga Anda tidak bisa menambahkan kapasitas penyimpanan tambahan. Hal ini merupakan kelemahan iOS yang paling jelas. Hal itu juga cukup membuat banyak orang lebih memilih Android dibandingkan dengan iOS.

Baca Juga: Pilih Asus ROG atau Lenovo Legion?

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kelemahan Android dan iOS. Android vs iOS merupakan rival sejati yang bersaing memperebutkan perhatian dari para calon pembeli. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan terhadap kelebihan dan kelemahan dari Android maupun iOS.

5 thoughts on “Android vs iOS : 5 Kelebihan dan Kekurangan Android dan IOS yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *