Mengapa SSD Lebih Cepat dari Harddisk?

Berbicara mengenai SSD vs HDD, serta kelebihan dan kekurangan SSD tentu ada banyak hal yang bisa diadu antara keduanya. Simak ulasannya di sini.

Teknologi pada bidang komputer saat ini berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya fasilitas atau temuan terbaru dari komponennya. Salah satunya adalah SSD (Solid State Drive). Ada banyak yang bertanya mengenai SSD vs HDD, kelebihan dan kekurangan SSD. Hal ini karena kedua komponen masih menjadi misteri bagi sebagian orang.

Solid State Drive (SSD) merupakan media penyimpanan layaknya harddisk namun dengan teknologi dan konsep yang diambil dari RAM. Jadi tidak perlu lagi ada piringan yang berputar pada SSD dan kecepatan read and write yang lebih menyerupai RAM. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai kedua media penyimpanan kekinian tersebut.

Baca Juga: Gaming PC – Asus ROG vs Lenovo Legion

Kelebihan SSD dari HDD

Berbicara mengenai Solid State Drive (SSD) dan Hard Disk Drive (HDD), ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh SSD dibandingkan dari HDD. Inilah yang menjadikan produk SSD lebih banyak diminati oleh masyarakat modern saat ini. Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai keunggulan tersebut.

  1. Ketahanan atas Guncangannya Lebih Tinggi

Keunggulan atau kelebihan pertama dari SSD adalah memiliki daya tahan akan guncangan yang lebih tinggi. Di dalam SSD sendiri hampir tidak terdapat mekanikal atau suatu gerakan di dalamnya. Sehingga secara mode akan tahan akan guncangan. Kemudian untuk HDD sendiri masih memakai jenis disc sehingga akan lebih sensitif terhadap guncangan.

  1. Daya Listrik SSD Lebih Hemat

Kelebihan berikutnya yang membuat SSD lebih unggul dan lebih cepat dibandingkan dengan HHD adalah karena menggunakan SSD lebih menghemat daya listrik. Meski pada faktanya daya yang dipakai oleh keduanya tidak begitu signifikan, namun SSD terbukti lebih hemat.

  1. Lebih Ringan

Berikutnya, SSD memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan HDD. Hal ini disebabkan karena komponennya hanya tersusun atas beberapa memori saja. Hal ini tentu sangat berbeda dengan harddisk yang memiliki bentuk berupa piringan sehingga kesannya akan lebih berat dibandingkan dengan SSD.

  1. SSD Tidak Menimbulkan Suara

Selain itu, SSD juga tidak menimbulkan berbagai suara. Hal ini disebabkan karena semua komponen yang terdapat di dalam SSD berwujud memori. Sehingga ia lebih senyap bahkan sama sekali tidak menimbulkan suara berisik. Berbeda dengan jenis HDD yang masih memakai bentuk piringan yang berputar.

  1. SSD Memiliki Performa yang Lebih Baik

Dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki kecepatan dari sisi read dan write yang lebih cepat. Misalnya untuk upaya transfer file dan sebagainya. Selain itu juga untuk kepentingan pencarian file atau membuka berbagai jenis program berat. Bahkan, untuk proses booting windows pun terkenal lebih cepat dari pada HDD.

Baca Juga: NVIDIA GeForge GTX 1080, GPU terbaik?

Kekurangan SSD dari HDD

Selain memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dari HDD, SSD juga memiliki berbagai kekurangan di dalamnya. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh SSD dari HDD.

  1. Umurnya Lebih Pendek

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh SSD dari pada HDD adalah lebih pendek secara umur. Sehingga, sekalipun keduanya digunakan dalam waktu yang sama, SSD memiliki potensi untuk rusak lebih besar dibandingkan dengan HDD. Hal ini disebabkan karena siklus read dan write yang lebih pendek.

  1. Memiliki Harga yang Lebih Mahal

Kekurangan berikutnya dari SSD dibandingkan dengan HDD adalah dari sisi harga lebih tinggi dibandingkan dengan HDD. Harga untuk 120 GB SSD memiliki harga sekitar 600 ribu hingga 800 ribu. Sementara untuk HDD lebih rendah harganya dibandingkan dengan SSD. Namun, sebagaimana diulas di atas SSD memiliki performa yang lebih mumpuni dan modern.

Baca Juga: Laptop Impian Para Gamer, Lebih Mahal dari Motor

Itulah ulasan tentang SSD vs HDD, serta kelebihan dan kekurangan SSD yang wajib diketahui. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya, Anda akan bisa selektif dalam memilih media penyimpanan. Dan nampaknya SSD lebih praktis dan lebih sesuai dengan selera zaman modern.

One thought on “Mengapa SSD Lebih Cepat dari Harddisk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *