e-Commerce Makin Marak, Peluang Usaha Makin Banyak

Dengan perkembangan pesat teknologi di bidang e-commerce, Anda dapat memulai usaha online shop sendiri dari nol, bahkan tanpa modal!

Trend startup di Indonesia memang sedang marak-maraknya. Semakin banyak anak muda yang memulai usaha online shop. Ini dikarenakan potensi bisnis e-commerce sangat menjanjikan di era digital ini. Perkembangan teknologi yang cepat telah mempengaruhi cara berbisnis dan ini terlihat dengan banyaknya online shop Indonesia yang bermunculan belakangan ini.

Dapat dilihat bahwa masyarakat Indonesia telah beradaptasi dengan fenomena ini, sehingga pangsa pasar pun juga mengalami pertumbuhan yang cukup besar. Ditambah lagi, kemudahan berbelanja telah didukung oleh banyak platform pendukung. Beberapa website e-commerce pun menambahkan opsi gratis ongkir yang membuat pembeli lebih nyaman.

Selain itu, yang ditawarkan oleh platform ini adalah keamanan dalam berbelanja. Dengan customer service yang dapat dihubungi kapanpun serta meminimalisir penipu, masyarakat pun tidak sungkan lagi melakukan transaksi secara online.

Baca Juga: Mendapatkan Penghasilan Pasif dari Google Adsense

Memulai usaha online tanpa modal

Dengan melihat potensi e-commerce dalam beberapa tahun kedepan, banyak orang yang tertarik untuk mengikuti trend ini. Tetapi, bagaimana caranya memulai usaha online dari nol? Salah satu cara untuk mendalami dunia online shop tanpa modal adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Sistemnya adalah Anda mencari pemasok barang yang bersedia mengirimkan barang jualannya atas nama online shop yang Anda miliki. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat toko Anda sendiri, dengan brand sendiri, dan mencari pelanggan dari toko tersebut. Kemudian, Anda hanya perlu mengkontak penyedia barang.

Bagaimana membuat online shop terpercaya?

Ketika Anda melihat suatu online shop di Instagram, tentu tidak bisa langsung mempercayai online shop tersebut. Coba letakkan diri Anda di posisi pembeli, apakah Anda akan tertarik membeli produk yang ditawarkan? Ada beberapa cara untuk meningkatkan usaha Anda.

  • Tunjukkan testimoni dari pelanggan lain

Setelah ada yang membeli produk Anda, jangan langsung diabaikan begitu saja. Chat kembali pelanggan Anda untuk menanyakan kesan barang yang telah dibeli. Anda dapat memasang screenshot dari chat tersebut di Highlights halaman Anda di Instagram. Ini akan lebih meyakinkan calon pelanggan untuk membeli barang yang dibeli. Tentu saja, Anda harus memilih produk yang bagus, berkualitas dan tidak berpotensi mengecewakan pelanggan.

Baca Juga: Tips Melakukan Transaksi Online (Online Shopping)

  • Mendapat keluhan? Respon dengan cepat!

Jika memang Anda mendapatkan keluhan atas produk yang dijual, Anda harus bergerak cepat dalam merespon keluhan tersebut. Ini akan membuat pelanggan merasa nyaman dan tidak ada perasaan tertipu, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk pelanggan tersebut memesan produk Anda lagi.

  • Kerap iklankan produk Anda

Iklan sangat berpengaruh besar dalam menaikkan kepercayaan pembeli. Anda dapat meningkatkan publikasi produk dan brand Anda dengan mengiklankan di Instagram maupun meng-endorse selebgram. Pemilihan endorser sangat berpengaruh dalam hal ini. Tidak semua selebgram dapat dipercaya oleh pelanggan Anda.

Anda tidak perlu mencari selebgram dengan followers terbanyak, tapi dengan engagement yang tinggi.Apabila selebgram tersebut memiliki engagement tinggi, artinya followers-nya sangat mempercayainya dan lebih mungkin mengikuti saran yang idolanya berikan.

  • Miliki sebuah website

E-commerce juga tidak hanya terbatas hanya sampai Instagram dan Shopee saja. Apabila online shop Anda memiliki website, orang akan lebih percaya bahwa jualan Anda sudah memiliki banyak pembeli dan sangat terpercaya. Ini juga meningkatkan profesionalitas toko Anda.

Baca Juga: Mendapatkan Penghasilan dari URL Shortener

Prospek e-commerce memang sangat menjanjikan, apalagi kedepannya dunia digital akan lebih maju daripada sekarang. Menekuni bisnis e-commerce adalah cara memulai usaha online yang bagus karena Anda tidak hanya mencari uang sekarang, tetapi juga menyiapkan diri untuk masa depan. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas dari toko Anda agar tidak tergerus trend kedepannya, ya!

3 thoughts on “e-Commerce Makin Marak, Peluang Usaha Makin Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *