Jenius dari Bank BTPN – Ini Baru Namanya Bank

Jaman sekarang masih ribet bikin rekening baru? Masih ribet antre customer service buat ngurusin kartu ATM ketelan/hilang? Masih ribet buat block/unblock kartu debit? Malah kena biaya transfer antar bank, tarik tunai, dan biaya bulanan?

Bank sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari kita. Meskipun tidak pernah mengajukan pinjaman, kita masih membutuhkan bank untuk transfer atau hanya sekedar menyimpan uang. Segala macam pembayaran juga sudah diakomodasi secara online oleh sebagian besar bank.

Jenius merupakan program dari BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) yang konsepnya kurang lebih memberikan kemudahan dan pelayanan kepada nasabah. Semua aktivitas yang dibutuhkan nasabah bisa dilakukan melalui smartphone tanpa harus mendatangi dan mengantri customer service mulai dari buka rekening baru, ganti kartu ATM/Debit, block/unblock kartu ATM/Debit, dan sebagainya.

Selain praktis dan mudah, nasabah juga dilayani dengan baik. Seperti inilah seharusnya semua bank yang ada. Misalkan jika ATM hilang tidak perlu kita ribet mengurusnya ke bank, cukup meminta kartu ATM melalui aplikasi dan ATM akan di antar tanpa biaya.

Baca Juga: Mengenal GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Selain itu, Jenius juga sama sekali tidak mengenakan biaya yang tidak seharusnya dibebankan kepada nasabah. Tidak ada biaya bulanan sama sekali. Melakukan penarikan tunai dari ATM berlogo VISA dan PRIMA juga sama sekali tidak dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan Jenius. Begitu juga dengan transfer antar bank.

Berikut ini kelebihan Jenius dibandingkan dengan bank konvensional pada umumnya.

1. Pembuatan Akun (Buka Rekening Baru) Mudah dan Praktis

Membuka rekening baru di Bank BTPN cukup dengan aplikasi Jenius yang dapat di-donwload di Playstore. Kamu hanya perlu mengisi data diri, memfoto KTP dan NPWP, dan tanda tangan digital. Setelah itu, petugas akan mengunjungi tempat kamu (sesuai dengan yang kamu daftarkan) untuk verifikasi. Paling lama, 24 jam setelah itu, akun kamu sudah aktif.

2. Fasilitas m-Card, e-Card, dan x-Card

Kamu secara otomatis mendapatkan m-Card yang akan dikirm paling lama seminggu setelah akun aktif. Kartu m-Card ini merupakan kartu fisik berupa ATM atau Debit Card yang sama dengan bank-bank lainnya. Saldo Jenius kamu bisa ditarik dengan kartu ini melalui ATM berlogo VISA atau PRIMA.

Jaman sekarang masih ribet bikin rekening baru? Masih ribet antre customer service buat ngurusin kartu ATM ketelan/hilang? Masih ribet buat block/unblock kartu debit? Malah kena biaya transfer antar bank, tarik tunai, dan biaya bulanan?  Jenius merupakan program dari BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) yang konsepnya kurang lebih memberikan kemudahan dan pelayanan kepada nasabah. Semua aktivitas yang dibutuhkan nasabah bisa dilakukan melalui smartphone tanpa harus mendatangi dan mengantri customer service mulai dari buka rekening baru, ganti kartu ATM/Debit, block/unblock kartu ATM/Debit, dan sebagainya. Tarik tunai gratis ke semua ATM berlogo VISA dan PRIMA. Transfer antar bank pun juga gratis
Jenius m-card, e-card, x-card

Begitu akun aktif, kamu secara otomatis memiliki kartu e-Card, yaitu sejenis non-fisik (Virtual Credit Card/Debit Card) untuk bertransaksi secara online di dunia maya. Kartu e-Card ini bisa digunakan sebagai kartu kredit virtual, namun kamu harus top-up saldo terlebih dahulu. Kartu e-Card ini lebih aman untuk bertransaksi digital dibandingkan dengan kartu kredit konvensional. Ketika kartu e-Card dibobol, jumlah kerugian hanya sebatas nilai saldo pada e-Card saja dan tidak berpengaruh pada saldo utama.

Kamu juga bisa request x-Card maksimum sebanyak 3 buah. Kartu x-Card ini merupakan kartu fisik, namun diperlukan top-up untuk dapat digunakan. Kartu x-Card sangat berguna untuk misalnya memberikan uang belanja bulanan atau uang jajan bulanan anak. Jadi, jumlah yang dapat digunakan pada kartu x-Card hanya sebatas jumlah saldo yang di top-up ke x-Card dari saldo Jenius.

Baca Juga: Hati-Hati Kejahatan ATM Skimming

3. Tidak Perlu Capek-Capek Mengantri di Customer Service

Selain mendaftarkan akun baru/buka rekening baru, banyak juga aktivitas lain yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus mengunjungi bank. Misalnya jika kartu ATM (m-Card) hilang, kamu tidak perlu repot-repot mengurus ke bank. Cukup dengan request m-Card baru, maka kartu baru akan dikirimkan oleh Jenius. Selain itu, memblokir kartu atau membuka blokir pada kartu juga dapat dilakukan dari smartphone. Blokir bisa dilakukan secara sementara atau permanen.

Selain itu, jika e-Card kamu berhasil dibobol oleh penjahat di dunia maya, kamu dapat request nomor e-Card baru. Dan kamu akan langsung mendapatkan nomor e-Card baru.

4. Gratis Tarik Tunai dan Transfer Antar Bank

Selain tidak membebankan biaya bulanan, tarik tunai dengan ATM Jenius (m-Card) dapat dilakukan di semua mesin ATM berlogo VISA atau PRIMA secara gratis (tanpa biaya tambahan), tanpa memandang dari bank mana mesin ATM tersebut berasal. Jadi, tarik tunai dari saldo Jenius lebih mudah dan banyak tersebar dimana-mana. Transfer antar bank juga tidak dikenakan biaya sama sekali.

Ketentuan gratisnya tarik tunai dan transfer antar bank ini memiliki kuota bulanan. Kuota bulanan ditentukan oleh saldo rata-rata pada bulan sebelumnya. Untuk saldo rata-rata 10 juta rupiah, kamu mendapatkan sebanyak 25 kuota gratis tarik tunai dan 25 kuota gratis transfer antar bank setiap bulan. Jika saldo rata-rata 1 juta rupiah, kamu mendapatkan sebanyak 5 kuota gratis tarik tunai dan 5 kuota gratis transfer antar bank setiap bulan. Untuk akun baru, kamu mendapat bonus 25 kuota gratis tarik tunai dan 25 kuota gratis transfer antar bank.

Lalu, bagaimana jika transfer dari bank lain ke rekening Jenius? Jika kamu melakukan transfer dari bank lain ke rekening Jenius di hari Senin, kamu akan mendapatkan cashback senilai 6.500 rupiah. Misalnya kamu mentransfer dari BRI ke Jenius, pihak BRI akan membebankan biaya transfer 6.500 rupiah. Tiga hari kerja setelahnya, Jenius akan memberikan cashback senilai 6.500 ke saldo Jenius kamu. Jadi, transfer ke rekening Jenius dari bank lain juga gratis asalkan dilakukan di hari Senin.

Baca Juga: Tips Belanja Online

Nah, itulah kelebihan Jenius dari Bank BTPN dibandingkan dengan bank lain. Seharusnya semua bank dapat memberikan layanan sebaik ini dan tidak membebankan biaya yang tidak seharusnya ditanggung oleh nasabah.

Kami tidak dibayar oleh pihak Jenius atau pihak manapun. Semua dalam artikel ini ditulis secara objektif berdasarkan referensi dan pengalaman kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *