Formula Baru untuk Microsoft Excel 2019 atau Microsoft Excel 365 (Latest Update)

Versi terbaru dari Software pengolah data Microsoft Excel (Excel 2019 dan Excel 365) meluncurkan fitur baru, berupa formula yang lebih lengkap dan lebih mudah untuk dioperasikan. Software pengolah data milik Microsoft yang paling dasar dan paling banyak digunakan ini memiliki banyak sekali fungsi untuk pengolahan data. Berikut ini adalah formula (rumus-rumus) baru yang dapat digunakan di Microsoft Excel 2019 dan Microsoft Excel 365.

Gambar Contoh Untuk Penggunaan Formula Baru untuk Microsoft Excel 2019 atau Microsoft Excel 365 (Latest Update)

1. CONCAT

Formula CONCAT menggantikan fungsi CONCATENATE pada Microsoft Excel di versi pendahulunya. Selain lebih mudah dalam pengetikan formula, CONCAT ini sekarang juga mendukung “range” sehingga lebih mudah untuk digunakan menggabungkan field yang lebih banyak.

Contoh Penggunaan: Untuk menggabungkan 3 field pada gambar di atas sehingga membentuk “anibudicandra”, cukup hanya dengan: =CONCAT(A1:A3). Padahal, di versi sebelumnya, harus dituliskan: =CONCATENATE(A1,A2,A3). Bayangkan jika ada banyak sekali field yang harus digabungkan.

2. TEXTJOIN

Formula TEXTJOIN hampir sama dengan CONCAT jika diperlukan delimiter. Di versi sebelumnya bisa juga dengan menggunakan “&”, namun akan terasa lama jika jumlah fieldnya banyak. Dengan formula baru ini cukup dengan =TEXTJOIN(delimiter, ignore_empty, text1, [text2], …) dimana ignore_empty merupakan value TRUE/FALSE.

Contoh Penggunaan: Untuk menggabungkan 3 field pada gambar di atas sehingga membentuk “ani,budi,candra”, cukup hanya dengan: =TEXTJOIN(“,”,TRUE,A1:A3). Jika di versi sebelumnya, maka diperlukan formula: =A1&”,”&A2&”,”&A3.

3. IFS

Formula IFS menyederhanakan penggunaan rumus IF yang bertingkat atau dengan kondisi yang banyak. Sebagai contoh, IF dengan banyak tingkat di versi sebelumnya memerlukan formula: =IF(A1>90,”A”,IF(A1>80,”B”,IF(A1>70,”C”,”D”), namun untuk Excel 2019 dan Excel 365 bisa menggunakan: =IFS(A1>90,”A”,A1>80,”B”,A1>70,”C”,TRUE,”D”). Panjang memang, namun, jika tingkatan IF lebih banyak dari ini, maka penggunaan IFS akan lebih sederhana.

4. MAXIFS

Formula MAXIFS adalah formula MAX dengan tambahan kriteria. Maksudnya, MAXIFS menampilkan nilai maksimal dalam satu range sesuai kriteria. Contoh Penggunaan: =MAXIFS(max_range, criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], …)

5. Formula Lainnya

Masih banyak lagi formula lain yang baru atau di update di Microsoft Excel 2019 dan 365 seperti MINIFS, AVERAGEIFS, hingga SWITCH yang bisa kamu coba sendiri di komputer kamu.

One thought on “Formula Baru untuk Microsoft Excel 2019 atau Microsoft Excel 365 (Latest Update)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *