Mengenal GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), Apa Untung Ruginya?

Kartu berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) merupakan sistem terintegrasi antar-bank dalam negeri yang baru saja diluncurkan kebijakannya oleh Bank Indonesia. Peluncuran kartu berlogo GPN bertujuan untuk memudahkan transaksi dalam negeri, termasuk transaksi pembayaran antar bank yang berbeda.

Kartu yang menggunakan lambang Garuda berwaran merah ini menggunakan jaringan dalam negeri dengan bank-bank yang terintegrasi dalam jaringan GPN. Dengan menggunakan jaringan dalam negeri, biaya administrasi juga hanya terjadi di dalam negeri, tidak ada lagi biaya administrasi yang ke luar negeri. Lalu apa saja keuntungan dan kerugian yang didapat dari menggunakan kartu berlogo GPN? simak penjelasan berikut.

Kelebihan Menggunakan Kartu Berlogo GPN:

  • Biaya transfer antar bank (switching) menjadi lebih murah
  • Biaya transaksi pembayaran antar bank (Merchant Discount Rate/MDR) diturunkan menjadi 1% dari 2-3% di kartu Visa/MasterCard. Ini juga bisa menjadi keuntungan bagi konsumen karena tidak jarang merchant yang membebankan biaya ini kepada konsumen.
  • Transaksi menjadi lebih sederhana karena merchant tidak perlu lagi menyediakan berbagai EDC berbeda. Cukup hanya 1 EDC sudah dapat digunakan untuk semua kartu berlogo GPN.
  • Keamanan data pribadi atau data transaksi karena menggunakan jaringan dalam negeri.

Kekurangan Menggunakan Kartu Berlogo GPN:

  • Hanya bisa digunakan di dalam negeri. Saat ini kartu GPN belum bisa digunakan di luar negeri sehingga masih membutuhkan kartu Visa/MasterCard.
  • Belum tersedia fasilitas online payment. Hal ini masih menjadi masalah ketika bertransaksi melalui e-commerce, khususnya transaksi internasional
  • Sistem jaringan GPN masih baru. Sistem yang relatif baru masih dalam tahap pengembangan sehingga memungkinkan beberapa kekurangan yang masih belum diketahui.

Untuk mengganti kartu debit atau ATM anda menjadi berlogo GPN, anda dapat menghubungi call center dari bank-bank yang sudah terintegrasi pada jaringan GPN. Anda juga bisa mendatangi langsung customer service yang bersangkutan dengan membawa buku rekening dan kartu identitas untuk menukarkan kartu debit atau ATM anda.

Seiring dengan berjalannya waktu, penyempurnaan sistem GPN akan terus dilakukan. Kelak, fasilitas yang penting seperti online payment dan transaksi luar negeri tentunya akan disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *