Program Afiliasi: Pilih Amazon, e-Bay, atau Clickbank?

Afiliasi menjadi alternatif yang sangat baik dan berpotensi menghasilkan pendapatan tambahan disamping penghasilan iklan (Google Adsense). Kali ini kita akan membahas tentang afiliasi terkemuka untuk blog berbahasa Inggris: Amazon, e-Bay dan Clickbank.

Memahami Afiliasi Amazon, e-Bay, dan Clickbank

Amazon dan e-Bay menjual banyak sekali produk berupa barang fisik, sedangkan Clickbank lebih ke arah penjualan produk digital. Berbeda dengan Clickbank, baik Amazon maupun e-Bay juga menjual produk digital, namun tidak berfokus pada produk digital saja, melainkan lebih didominasi produk barang fisik.

Kelebihan dan Kekurangan Afiliasi Amazon (Amazon Associates)

Amazon menyediakan banyak sekali produk untuk dijual, lebih dari 30 juta jenis barang yang terpisah dalam banyak kategori. Pendaftaran afiliasi sangat mudah. Amazon tidak mempermasalahkan domain atau traffic anda. Anda bahkan bisa mendaftar dan diterima meskipun anda hanya menggunakan blogger atau wordpress gratisan. Traffic sedikit juga tidak menjadi masalah dalam pendaftaran afiliasi Amazon.

Rate Komisi dari Program Afiliasi Amazon
Rate Komisi dari Program Afiliasi Amazon

Rate pada tabel merupakan komisi yang anda terima dari transaksi yang dilakukan oleh visitor anda. Penghasilan yang anda terima sebesar persentase dari nilai transaksi. Untuk perhitungan transaksi, link refferal anda akan dianggap valid bahkan setelah 89 hari sejak visitor melakukan klik. Maksudnya, ada waktu hingga 89 hari bagi visitor untuk menyelesaikan transaksi dari link refferal anda agar anda mendapatkan komisi.

Amazon memiliki peraturan yang transparan dan tidak terlalu ketat. Selama anda tidak bermain curang dengan cara apapun, akun anda akan aman.

Harga produk di Amazon, tergolong murah, namun begitu dipacking dan dikapalkan, total harga yang dikeluarkan pembeli cukup mahal untuk pembeli selain dari US.

Kelebihan dan Kekurangan Afiliasi e-Bay (EPN – eBay Partner Network)

e-Bay menyediakan produk yang sangat banyak dan bervariasi, bahkan lebih banyak dari Amazon. Selain itu, e-Bay juga memberikan komisi yang lebih besar daripada Amazon. Penghasilan dari e-Bay cukup kompleks berbasis pada EPC dan transaction based.

Rate Afiliasi e-Bay
Rate Afiliasi e-Bay

Tabel di atas adalah persentase dari rate komisi yang akan anda terima dari e-Bay. Persentase dari tabel di atas terlihat besar, namun berbeda dengan Amazon, e-Bay menghitung komisi dari persentase keuntungan pihak e-Bay, bukan dari nilai barang. Memang komisi yang diberikan e-Bay lebih besar dibandingkan dengan Amazon, namun banyak yang mengeluhkan kurang transparannya perhitungan earnings. Untuk perhitungan transaksi, link refferal anda akan dianggap valid selama 24 jam sejak visitor melakukan klik. Maksudnya, waktu yang diberikan kepada visitor untuk menyelesaikan transaksi dari link refferal anda adalah 24 jam (1 hari) agar anda mendapatkan komisi. Terlalu singkat jika dibandingkan dengan Amazon.

Untuk harga, produk e-Bay memiliki harga yang bervariasi. Ada yang lebih mahal dan ada juga yang lebih murah dari Amazon. Namun, harga total dengan packing dan shipping akan menjadi lebih murah untuk customer internasional (non-US).

Dibandingkan dengan Amazon, mendaftar program afiliasi pada e-Bay lebih sulit. Anda membutuhkan traffic yang banyak dan berkualitas agar diterima oleh Amazon. Selain itu, e-Bay memiliki peraturan yang lebih ketat dibandingkan dengan Amazon.

Kelebihan dan Kekurangan ClickBank (ClickBank Affiliate Marketplace)

Berbeda dengan dua lainnya, ClickBank lebih fokus pada penjualan produk digital. Produk digital yang dijual meliputi e-book, games, software/tools, dan produk digital lainnya.

Berbeda dengan afiliasi Amazon dan e-Bay, rate komisi yang diberikan oleh ClickBank sangat besar. Bisa mencapai 75% dengan nominal maksimum sebesar 150 USD per transaksi. Bedanya lagi, yang menentukan besaran rate komisi adalah vendor (penjual), bukan pihak ClickBank. Pihak ClikBank akan mengurangi nilai produk sebesar 7.5% + 1 USD sebagai keuntungan ClickBank.

Sebagai contoh, anda mempromosikan dan berhasil menarik visitor untuk membeli produk digital dengan harga 50 USD dengan rate komisi sebesar 40%. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Penghasilan Komisi = (Harga – Potongan Clickbank) x Rate

Penghasilan Komisi = (50 USD – (50 USD x 7.5% + 1 USD)) x 40%

Penghasilan Komisi = (50 USD – 4.75 USD) x 40%

Penghasilan Komisi = 45.25 USD x 40%

Penghasilan Komisi = 18.1 USD

Jadi, penghasilan anda dari komisi ClickBank sebesar 18.1 USD untuk transaksi produk digital seharga 50 USD dengan rate komisi 40%. Cukup besar bukan?

Namun, afiliasi ClickBank juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah terdapat keluhan scam pada beberapa produknya. Nah, ini masih perlu penelitian dan informasi lebih lanjut. Selain itu, maraknya produk bajakan juga mengurangi kemampuan persaingan.

Kesimpulan: Manakah yang Terbaik?

Sebelum menentukan mana yang paling cocok untuk untuk blog anda, periksa dulu poin-poin penting pada blog anda sebagai pertimbangan utama.

Niche seperti apa yang ada pada konten blog anda? Jika niche pada konten blog anda bersinggungan dengan games, software, tools, dan sejenisnya; maka ClickBank adalah pilihan afiliasi yang paling tepat. Berafiliasi dengan Amazon atau e-Bay juga masih bisa menghasilkan, namun tidak se-optimal ClickBank yang didominasi dengan produk digital. Untuk niche lain, tergantung juga dari apa yang anda bahas. e-Bay memiliki produk barang antik lebih banyak daripada Amazon. Jika blog anda membahas seputar barang antik, e-Bay akan menjadi pilihan yang bijak.

Bagaimana traffic dari blog anda? Jika traffic blog anda masih sedikit, sudah tentu akan lebih sulit diterima afiliasi e-Bay. Perhatikan juga dari negara mana kebanyakan traffic di blog anda. Jika visitor blog anda dominan dari US, Amazon memiliki barang dengan harga yang relatif lebih murah untuk customer di US. Sebaliknya, jika visitor datang dari berbagai negara, e-Bay menjadi pilihan terbaik.

Bagaimana dengan Blog Ber-traffic Lokal (Indonesia)?

Cukup sulit rasanya menggaet visitor untuk membeli produk dari Amazon, e-Bay, maupun ClickBank mengingat masyarakat Indonesia masih belum cukup banyak melakukan pembelian online, khususnya dari luar neger/impor. Namun, jika anda memang tertarik dengan program afiliasi, anda bisa juga bergabung dengan program afiliasi yang menjual produknya secara lokal seperti Lazada, Bhinneka, dan lainnya. Program Afiliasi lokal akan kita bahas di lain kesempatan.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

Related Post

Cara Meningkatkan CPC (BPK) Adsense Yang Efektif Bagaimana cara meningkatkan CPC/BPK adsense yang ampuh dan cepat? Jawabannya ada di sini secara detail dan lengkap… Bagi para publisher Google Adsens...
Cara Mendaftar GoogleAdsense Melalui Youtube Youtube merupakan salah sarana untuk membagikan video. Tak jarang juga yang mencari pendapatan dari Youtube. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membu...
Tips dan Trik Meningkatkan Traffic Blog/Website Se... Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar. Keberadaan internet s...
Update Algoritma Google Search Terbaru per 13 Mare... Update algoritma Google Search terbaru menghebohkan kalangan blogger dan praktisi SEO. Sebenarnya apa saja yang dilakukan Google kali ini? Algoritma ...
Investasi: Antara Saham, Reksadana, Dan Deposito Bingung memilih instrumen investasi? Saham, reksadana, dan deposito merupakan beberapa instrumen investasi yang dapat Anda pilih. Dalam berinvestasi ...
Ini Dia Cara Pasang AdSense di YouTube Yang Harus ... Semenjak dikeluarkannya kebijakan mengenai monetisasi channel YouTube yang baru diberlakukan pada 20 Februari 2018 lalu, terjadi banyak perubahan jika...
Coba AdCash sebagai Alternatif Google Adsense Bagi para pemilik website pasti tidak asing dengan yang namanya Google Adsense. Tetapi bagi Anda yang ingin mencoba alternatif lain untuk mendapatkan ...
Tips Membangun Blog Berbahasa Inggris Tips membuat blog berbahasa Inggris antar lain membeli domain dan memilih platform. Jangan sampai ketinggalan. Simak 7 tips lainnya! Blog yang menyaj...

5 thoughts on “Program Afiliasi: Pilih Amazon, e-Bay, atau Clickbank?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *