Pentingnya Melakukan Diversifikasi Pengelolaan Kekayaan/Investasi

Mengelola kekayaan tidak semudah yang kita bayangkan. Fokus dalam satu bidang saja mungkin baik bagi sebagian orang, namun tidak bagi sebagian lainnya. Fokus dalam satu bidang memang efektif dalam menggali keuntungan sebesar-besarnya. Namun, pada kondisi yang tidak menguntungkan, hal ini justru menjadi jurang bagi keselamatan finansial anda. Hal ini bisa terjadi pada kondisi dimana bidang yang anda tekuni sedang lesu secara nasional bahkan global.

Bahaya Akibat Kurangnya Diversifikasi Pengelolaan Kekayaan/Investasi

Sebagai contoh, apabila anda mendedikasikan semua kekayaan anda pada saham, maka kehidupan finansial anda hanya bergantung pada harga saham. Naiknya saham mungkin bisa membawa anda ke puncak kejayaan, sebaliknya, turunnya harga saham akan menggantung finansial anda ke jurang yang paling dalam. Hal ini juga berlaku pada usaha nyata. Semisal anda memiliki usaha di bidang tekstil saja, maka lesunya pasa tekstil akan sangat mempengaruhi keadaan finansial anda.

Jadi, diversifikasi dilakukan untuk memecah resiko agar tidak serta-merta menjatuhkan anda, tetapi terbagi menjadi beberapa segmen yang berbeda. Diversifikasi harus dilakukan pada bidang yang berbeda dan diusahakan tidak saling bersinggungan. Bidang yang bersinggungan dapat diartikan sebagai bidang yang saling berhubungan satu sama lain. Memiliki showroom mobil dan bengkel mobil, merupakan bidang yang bersinggungan meskipun showroom menawarkan produk (mobil) dan bengkel menawarkan jasa (perawatan). Jika terjadi keadaan dimana daya beli menurun, maka penjualan mobil akan stagnan atau bahkan menurun yang berakibat pada populasi mobil yang juga menurun. Sudah jelas pendapatan dari showroom anda akan menurun, lalu populasi mobil yang menurun juga menyebabkan jumlah mobil yang mampir ke bengkel anda menurun.

Diversifikasi yang Baik

Diversifikasi yang baik harus terdiri dari bidang yang berbeda. Contohnya anda memiliki usaha toko tas bermerek, SPBU, tabungan emas, dan tabungan saham. Ketika terjadi kelangkaan BBM, hanya SPBU anda saja yang terkena imbasnya, sedangkan yang lainnya akan mempertahankan kondisi finansial anda. Begitu juga jika terjadi penurunan pada instrumen investasi anda yang lain.

Sebagai standar minimum, usahakan untuk memiliki beberapa instrumen investasi/usaha seperti rekening bank (tabungan/deposito), tabungan berupa emas, tabungan saham (atau reksadana), dan usaha nyata di bidang jasa/jual beli. Kombinasi ini cukup efisien untuk mengurangi resiko bahkan mempertahankan finansial di keadaan krisis (nasional maupun global). Alokasikan dana atau aset anda secara merata.

6 thoughts on “Pentingnya Melakukan Diversifikasi Pengelolaan Kekayaan/Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *