Current Issue: Fluktuasi Harga Saham – Resiko dan Potensi Keuntungannya.

Sama halnya dengan hukum supply-demand di pasar sederhana, naik turunnya harga saham dipengaruhi oleh supply dan demand. Bagaimana dengan isu politik dan ekonomi nasional? apakah berpengaruh pada naik dan turunnya harga saham? Ya, tapi secara tidak langsung.

Isu politik dan ekonomi mempengaruhi psikologis pelaku saham. Hal ini tidak serta merta mempengaruhi harga saham secara langsung, melainkan pembeli dan penjual saham itu sendiri. Singkatnya, harga saham hanya dipengaruhi oleh jumlah supply dan demand di pasar saham.

Isu politik dan ekonomi tak lagi berpengaruh pada harga saham apabila perilaku pembeli dan penjual saham tidak berubah. Begitu juga sebaliknya, jika isu politik dan ekonomi mempengaruhi perilaku pembeli dan penjual saham, harga saham akan berubah sesuai dengan supply dan demand.

Apakah saat ini adalah saat yang tepat untuk membeli saham?

Jika anda bandingkan IHSG saat ini dengan beberapa bulan yang lalu, maka akan anda sadari bahwa trend harga saham sedang menurun. Penurunan harga saham dari 3 bulan yang lalu hingga sekarang berkisar antara 5 sampai dengan 20 persen. Tentu tidak semuanya, beberapa di antara masih stabil atau bahkan malah naik. Pertanyaannya, apakah saat ini adalah saat yang tepat untuk membeli saham? Kembali ke konsekuensi awal berinvestasi dalam bentuk saham. Keputusan yang anda buat memiliki resiko kerugian dan potensi keuntungan yang mungkin akan anda dapat. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Resiko membeli saham sekarang

Resiko kerugian dari investasi saham hanya dapat diperkirakan, namun tidak dapat ditentukan secara pasti. Penurunan harga saham saat ini tentu saja disebabkan oleh perilaku pelaku saham yang lebih banyak menjual sahamnya sehingga supply meningkat sedangkan demand menurun. Lalu, apa penyebab dari perubahan perilaku ini?

Saat ini, stabilitas ekonomi boleh dibilang menurun akibat ramainya perbincangan mengenai nilai mata uang rupiah yang menurun terhadap dollar Amerika. Isu sepertinya berpotensi terjadi dalam jangka waktu panjang. Hal ini menyebabkan perilaku pelaku saham cenderung menjual sahamnya. Dalam jangka waktu yang panjang, penurunan harga saham akan terjadi perlahan tapi pasti. Resiko kerugian akan menanti anda jika harga saham tak kunjung pulih.

Potensi membeli saham sekarang

Penurunan harga saham saat ini juga bisa disebabkan oleh kondisi lain yang mempengaruhi psikologi dari pelaku saham. Salah satunya adalah isu stabilitas politik akibat semakin dekatnya waktu pemilihan presiden. Kondisi ini melahirkan potensi keuntungan bagi pembeli saham.

Stabilitas politik yang menurun akibat pemilihan presiden akan segera berakhir setelah pemilihan presiden telah usai. Harga saham rendah yang anda beli saat ini akan beranjak pulih dan ketika pemilihan presiden usai. Kenaikan harga saham di saat berakhirnya pemilihan presiden inilah yang menjadi potensi keuntungan anda.

Mengambil keputusan

Selain dua kondisi di atas, tak menutup kemungkinan terdapat kondisi lain yang mempengaruhi psikologi pelaku saham yang berimbas pada fluktuasi harga saham. Kondisi-kondisi inilah yang menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan. Memang, prediksi naik dan turunnya harga saham hanya spekulasi, namun spekulasi harus disertai dengan perhitungan yang matang.

Penurunan harga saham dalam jangka waktu singkat berpotensi untuk memberikan keuntungan jika anda menahan saham anda hingga harga saham membaik. Sebaliknya, penurunan harga saham dalam jangka waktu lama memungkin terjadinya kerugian stabilitas harga saham tak kunjung pulih.

One thought on “Current Issue: Fluktuasi Harga Saham – Resiko dan Potensi Keuntungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *