Kiat Sukses: Mengubah Mindset sebagai Seorang Blogger

Sudah banyak sekali tips mendapatkan penghasilan dari menulis sebuah blog. Namun, apakah kenyataan semudah itu? Jawabannya tidak. Mungkin beberapa tahun silam blog menjadi mesin uang yang cepat menghasilkan tanpa harus keluar rumah. Namun, sekarang semakin sulit mendapatkan penghasilan rutin dari blog. Selain pesaing yang banyak dan menjamur, iklan untuk visitor Indonesia dihargai dengan harga yang sangat murah. Untuk 1000 view, penghasilan yang anda terima hanya sekitar 3000 rupiah, sedangkan untuk 1 kliknya hanya dihargai sekitar 500 rupiah untuk visitor dalam negeri (Indonesia).

Apakah Harus Pindah Menjadi Youtuber?

Tergantung. Dunia mana yang ingin anda jajaki. Dunia mana yang lebih anda sukai. Penghasilan iklan dari Youtube memang diharga lebih mahal untuk tiap 1000 view maupu tiap kliknya meskipun keduanya berbasis pada Google Adsense. Namun, apakah membuat video menarik terasa mudah bagi anda? Apakah anda memiliki kemampuan yang cukup dalam hal editing video? Jika ya, silakan beralih ke Youtube. Jika tidak, tekunlah membuat konten dalam blog anda. Jangan malas untuk bereksperimen. Dan yang paling penting, tetaplah konsisten untuk berkarya.

Memperbaiki Kualitas Blog

Jangan terpacu pada penghasilan di awal anda memulai menulis blog. Tidak jarang yang menyerah karena penghasilan yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tidak jarang juga yang sudah berhenti sebelum first payout (gajian pertama). Untuk itu, mulailah untuk fokus menulis tanpa memikirkan penghasilan terlebih dahulu.

Tidak melulu kesuksesan blogger disertai dengan artikel yang banyak. Disini, khususnya bagi anda yang menggunakan Google Adsense, penghasilan bukan dihitung dari banyaknya artikel. Melainkan banyaknya visitor yang melihat tampilan iklan dan klik yang dilakukan. Jika anda hanya fokus pada banyaknya jumlah post, kapan blog anda berada pada halaman pertama search engine? kapan akan dikunjungi oleh visitor.

Cobalah untuk menulis dengan gaya anda sendiri. Buatlah artikel se-detail lebih lengkap daripada kompetitor. Jangan membuat target berapa banyak artikel yang bisa ditulis dalam seminggu, tapi buatlah target berapa banyak visitor yang mengunjungi blog anda dalam seminggu.

Mengubah Mindset sebagai Seorang Blogger

Jangan termakan omongan orang tentang sulitnya menjadi blogger. Jangan juga termakan omongan orang blog yang dapat menjadikan anda kaya raya. Jika anda ingin terjun sebagai blogger, lakukan sepenuh hati, berkarya dengan tekun, dan buatlah komitmen. Jika tidak, tinggalkanlah. Dunia ini tidak cocok untuk anda.

  1. Untuk memulai sebuah blog, jangan pernah berpikir tentang penghasilan. Begitu anda terorientasi pada penghasilan, anda akan mudah menyerah begitu penghasilan yang didapat tidak sesuai ekspektasi, apalagi tidak sampai PO (payout) pertama. Anda hanya membuang-buang waktu.
  2. Jangan hanya memilih niche yang berharga mahal, tapi pilihlah niche yang anda pahami. Menulis blog tidaklah sulit jika sesuai dengan minat dan hobby anda. Semua materi yang akan anda tulis cukup ada di dalam kepala anda, tidak perlu lagi harus mencari-cari bahan.
  3. Jangan bergantung pada blog untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memang ada petuah “The power of kepepet”. Tapi ini tidak sepenuhnya benar di dunia blogger. Kepepet pada tingkatan tertentu malah memungkinkan anda berbuat curang yang akan berakibat fatal bagi masa depan blog anda.
  4. Blog anda adalah aset anda. Inilah salah satu kelebihan blog dibandingkan dengan Youtube. Jika youtuber akan pusing 7 keliling jika akunnya diberangus oleh Youtube, maka blogger masih memiliki aset meskipun akun Adsense dinon-aktifkan. Jika blog anda memiliki banyak visitor, banyak sekali alternatif untuk memanfaatkan blog anda mulai dari dedicated sponsored content, afiliasi, hingga penyedia layanan iklan lainnya.

Intinya, jangan terpaku pada penghasilan khususnya di tahun pertama membuat blog. Jangan tergiur dengan penghasilan besar, apalagi dalam waktu singkat. Tidak ada yang instan. Blog anda merupakan aset yang dapat dimanfaatkan di masa depan meskipun sudah putus mitra dengan Google Adsense. Selalu ingat petuah “Quality over Quantity”, yaitu mengedepankan kualitas dibandingkan dengan kuantitas. Yang terpenting, berkaryalah dengan tekun dan konsisten.

2 thoughts on “Kiat Sukses: Mengubah Mindset sebagai Seorang Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *