Apa Itu ROA dan ROE? Rasio Fundamental dalam Menentukan Investasi Saham

ROA (Return on Assets) dan ROE (Return on Equity) merupakan salah satu rasio fundamental dalam laporan keuangan. Istilah ini juga seringkali ditemukan dalam fundamental di sebuah saham. Keduanya menggambarkan kinerja perusahaan yang penting bagi manajemen perusahaan dan shareholders (pemegang saham).

ROA (Return on Assets)

ROA adalah rasio net income terhadap total aset. Rasio ini menggambarkan efisiensi perusahaan terhadap total aset yang merupakan gambaran kinerja dari manajemen perusaahan di tingkat managerial. Maksudnya, bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan aset yang dimiliki. 

ROA didapat dari persentase atas net profit dibagi total aset. Net profit sendiri didapat dari penghasilan kotor dikurangi dengan biaya-biaya. Sedangkan total aset sendiri didapat dari penambahan liability dan equity. Efisiensi ROA biasanya dibandingkan dengan ROA perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.

ROE (Return on Equity)

ROE adalah rasio net income terhadap equity. Rasio ini menggambarkan besaran keuntungan yang terhadap equity (modal) yang merupakan kinerja keseluruhan perusahaan dan menjadi pertimbangan pemegang saham atau calon pemegang saham. Maksudnya, bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan sebagai imbal hasil untuk pemegang saham.

ROE didapat dari persentase atas net profit dibagi equity. Net profit sendiri didapat dari penghasilan kotor dikurangi dengan biaya-biaya. Sedangkan total aset sendiri didapat dari total aset dikurangi liability. Efisiensi ROA biasanya menjadi pertimbangan investor dalam memilih saham.

One thought on “Apa Itu ROA dan ROE? Rasio Fundamental dalam Menentukan Investasi Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *