Menghindari Virus Aktif Secara Otomatis Dengan Mematikan Fitur Autoplay Pada Windows

Virus adalah istilah umum yang menggambarkan segala serangan terhadap komputer. Kita tentu sudah akrab dengan istilah virus ini. Virus seringkali mengganggu aktivitas kita di dalam komputer. Mulai dari menggandakan diri hingga komputer berat, hingga merusak file dokumen yang penting bagi kita.

Jenis virus sangat banyak dan terus bertambah. Antivirus sebagai pelindung komputer kita dari virus juga terus meningkatkan database virus yang dikenal. Namun, ada kalanya antivirus kita mati kutu, terlebih lagi jika virus sudah menjalar di komputer kita. Komputer kita juga kadang tak selalu terhubung ke internet. Hal ini menyebabkan antivirus tidak bisa update untuk memperbaharui database virus, sehingga antivirus yang out-of-date seringkali tidak dapat mendeteksi virus-virus baru.

Sebagai pencegahan, kami akan memberikan trik sederhana untuk mencegah virus aktif sendirinya melalui external storage (hardisk eksternal, flashdisk, atau DVD). Salah satu caranya adalah dengan menon-aktifkan fitur autoplay.

Baca Juga: Mengenal Virus dan Worm serta Cara Menghindarnya

Cara mematikan Autoplay di Windows:

Cara mematikan fitur autoplay sangat mudah. Pertama, bukalah Control Panel.

Akan muncul tampilan “Control Panel” seperti gambar diatas. Kemudian pilih “Hardware and Sound” seperti yang ditunjukan oleh tanda yang dilingkari pada gambar di atas.

Tampilan “Hardware and Sound” akan tampak seperti gambar diatas. Setelah itu, klik “Change default settings for media or devices” pada section Autoplay seperti yang ditandai pada gambar diatas.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Hilangkan centang pada “Use AutoPlay for all media devices” seperti di gambar untuk mematikan autoplay pada semua device eksternal.

Langkah akhir, simpan setelan dengan klik “Save” pada bagian kanan bawah seperti yang ditandai pada gambar. Selesai. Autoplay sudah dimatikan. Virus dari external device tidak akan aktif secara otomatis selama anda tidak membuka virusnya.

Baca Juga: Pengertian Malware dan Penyebabnya

Cara ini hanyalah cara sederhana untuk pencegahan. Jika anda membuka virus secara manual, virus akan tetap aktif dan anda akan membutuhkan bantuan antivirus. Anda juga harus teliti agar tidak membuka virus secara manual. Banyak juga virus yang diselipkan di dalam sebuah aplikasi atau game. Antivirus masih tetap dibutuhkan untuk keamanan dan scanning.

Selain itu, mungkin ada virus-virus baru yang lebih kompleks yang mungkin masih bisa aktif secara otomatis meskipun autoplay telah dimatikan.

4 thoughts on “Menghindari Virus Aktif Secara Otomatis Dengan Mematikan Fitur Autoplay Pada Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *