Mengamankan Pendapatan Adsense dari Blog/Youtube untuk Jangka Panjang

Tak ada yang instan untuk mendapat hasil yang memuaskan tanpa kerja keras. Tak terkecuali bagi Publisher (Blogger) maupun Content Creator (Youtuber). Tak sedikit pula yang menggunakan jalan pintas untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dalam waktu singkat yang kemudian menyesal. Banyak juga yang putus asa karena tak kerja kerasnya tak membuahkan hasil.

Memang, mendapatkan penghasilan dari Adsense tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun, dengan kerja keras dan konsistensi dalam berkarya, apapun bisa kita capai. Setiap tindakan pasti ada balasannya. Begitu juga jerih payah anda.

Kali ini kita bukan membahas cara mendapat pengasilan sebesar-besarnya, melainkan bagaimana cara mengamankan pendapatan kita dalam jangka panjang. Ini sangat relevan terutama bagi kita yang terkadang terlalu sibuk beraktivitas mapun bekerja.

Langsung saja, berikut ini adalah faktor utama yang akan menunjang dalam mempertahankan pendapatan kita dari adsense, baik blog ataupun Youtube.

  1. Perhatikan ketentuan yang berlaku dan patuhi. Jika kita ingin bertahan lama sebagai blogger maupun Youtuber, taati peraturan yang diterapkan oleh pihak Google Adsense. Percuma saja kita membuat konten berkualitas secara konsisten jika kita menyalahi kebijakan yang diterapkan. Cepat atau lambat, akun adsense dapat di suspend atau bahkan banned permanen.
  2. Hindari jalan pintas. Jangan sekali-kali menggunakan tools illegal atau apapun yang dilarang oleh pihak Adsense. Sekali saja anda mencoba, akan berpotensi ketagihan. Apalagi jika anda sudah merintis kerja keras anda dalam waktu yang lama. Penyesalan selalu datang di belakang.
  3. Gunakan template yang jelas dan user-friendly. Template bukan hanya sekedar pemanis, melainkan interface utama yang akan digunakan terus menerus. Jangan membuat template yang rumit. Selain berat untuk proses loading, pengunjung mungkin akan kebingungan dalam navigasi blog anda. Template yang sederhana akan membuat proses loading lebih cepat dan navigasi lebih mudah dimengerti
  4. Buatlah konten yang berkualitas. Kualitas konten tidak kalah penting dari kuantitas. Hindari clickbait dan sejenisnya. Jika hanya sekedar menulis tak bermutu, user akan enggan mengunjungi blog anda lagi. Begitu juga dengan content Youtube. Usahakan membuat konten sebaik mungkin dan memberikan manfaat bagi pengunjung atau viewe anda.
  5. Buatlah konten yang longlasting dan dapat bermanfaat dalam jangka panjang. Berita viral memang dapat menarik banyak pengunjung dalam waktu singkat. Namun, banyaknya pengunjung tidak akan bertahan lama. Begitu berita tersebut usang, maka tak ada lagi keyword yang akan diinput pada mesin pencari. Sesekali membuat konten berita viral tak masalah, asalkan anda bisa meluangkan waktu setiap ada kejadian viral untuk membuat konten tersebut. Usahakan membuat konten yang selalu dibutuhkan sewaktu-waktu. Konten berisi tips & trick, tutorial, dan problem solving biasanya selalu dibutuhkan dalam jangka waktu yang lama.

5 hal di atas adalah faktor utama yang menunjang mengamankan pendapatan adsense anda dalam jangka panjang. Banyak faktor lain yang juga mempengaruhi misalnya dari diri kita sendiri. Usahakan untuk berkomitmen dalam membuat sebuah konten dan selalu konsisten agar blog/channel anda terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *