Untuk Apa Menabung Jika Bisa Memutar Uang dari Dana Idle?

Konsep menabung mungkin sekarang sudah menjadi konsep yang kuno. Tingkat inflasi yang tinggi, akan menggerus nilai uang yang kita tabung. Bayangkan saja, menabung di bank hanya mendapatkan bunga 1-2 persen saja pertahun, sangat jauh jika dibandingkan dengan tingkat inflasi pertahun.

Untuk itu, saya akan mengajak anda untuk meninggalkan konsep menabung. Mungkin akan sedikit kontroversial,  namun, setidaknya, kita akan mengubah konsep menabung konvensional yang kuno dengan konsep menabung modern yang lebih relevan di jaman ini.

Banyak opsi dalam memutar uang di era digital seperti sekarang ini. Manfaatkan waktu luang anda untuk memutar uang yang idle. Memutar uang dapat dilakukan dengan beberapa cara misalnya:

  1. Jualan Online / Onlineshop – Ini cara yang paling banyak digunakan dalam memutar uang. Online shop tidak memerlukan biaya sewa toko, beli etalase display, dan pengiriman pun ditanggung pembeli. Cara ini memang sudah menjamur dan banyak sekali pesaingnya. Namun, jika anda memiliki nilai lebih yang unik, toko online anda akan menjadi daya tarik tersediri. Nilai lebih yang dimaksud bisa berupa harga yang murah, pelayanan istimewa, atau berupa give-away/gift bagi konsumen setia.
  2. Warung Kelontong Swalayan di Kantor – Jika anda seorang pegawai/karyawan, anda juga memiliki peluang untuk berjualan di tempat kerja anda. Anda cukup meletakkan barang dagangan anda dan menyediakan sebuah wadah uang di tempat kerja dan konsumen bisa mengambil dan membayar sendiri. Barang dagangan yang sangat disarankan adalah makanan (cemilan) dan minuman yang tentunya dibutuhkan oleh rekan kerja. Bisa juga barang dagangan lain berupa buku dan Alat Tulis Kantor lainnya.
  3. Vending Machine – Meskipun vending machine belum terlalu populer di Indonesia, bidang ini cukup memiliki prospek yang baik. Karena belum populer, anda menjadi salah satu perintis di bidang ini. Meski dengan dana terbatas, anda bisa menyewa sebuah unit vending machine dipersewaan. Cukup diisi dengan makanan atau minuman ringan dan diletakkan di tempat strategis dan banyak orang lalu-lalang. Akan lebih baik jika anda memiliki sendiri sebuah vending machine. Jangan lupa untuk merawat dan menjaga keamanan vending machine anda. Jika anda sudah memiliki banyak vending machine, anda bisa memperkerjakan karyawan untuk mengisi dan mengambil uang di vending machine.

Memutar uang bukan berarti sama sekali menghilangkan konsep menabung dalam manajemen keuangan anda. Hanya saja, konsep menabung konvensional harus dirubah menjadi yang lebih relevan saat ini. Menabung uang di rekening selain tergerus inflasi, juga memungkinkan godaan untuk membeli barang yang diinginkan, bukan dibutuhkan. Untuk itu, kita rubah menabung dalam bentuk uang dengan bentuk lain. Tentu saja uang masih perlu untuk kebutuhan cash-flow dan insidental lainnya. Contoh menabung dalam bentuk lainnya dapat berupa:

  1. Emas – Jauh mindset investasi emas. Karena emas bukan untuk investasi, melainkan mempertahankan nilai aset anda. Harga emas boleh naik, namun, jika kita memperhitungkan inflasi, nilai emas cenderung tetap. Nah, salah satu media untuk mempertahankan nilai uang anda yang menganggur adalah menyimpannnya dalam bentuk emas.
  2. Saham – Memang, saham memeberikan resiko yang cukup tinggi. Namun resiko tinggi yang banyak anda dengar adalah resiko dalam trading saham. Menabung saham berbeda pola dengan trading saham. Anda tak perlu mencari saham yang naik tinggi, namun cukup dengan membeli saham bluechip yang stabil. Saham stabil akan mengurangi resiko kerugian anda. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan keuntungan berupa capital gain (naiknya harga saham) dan pembagian dividen.
  3. Property – Salah satu bentuk menabung yang paling menjanjikan dan seringkali disebut sebagai sebuah investasi adalah rumah/tanah. Kenaikan harga rumah cukup besar dan hampir tidak terdepresiasi. Depresiasi hanya terjadi pada bangunan, namun tanah tidak mengalami depresiasi sama sekali dalam kondisi normal, bahkan malah naik. Namun, untuk menabung dalam bentuk property tentu saja sangat mahal dibandingkan dengan bentuk lainnya. Alangkah baiknya jika anda bisa membeli secara cash, namun, membeli secara kredit pun tak masalah mengingat peningkatan harga yang cepat.
  4. Aset Lainnya yang Dapat Dipersewakan – Bentuk lainnya bisa juga berupa aset bergerak yang dapat disewakan, misalkan kendaraan. Aset bergerak memang mengalami penurunan nilai, akan tetapi penghasilan sewa dari aset bersangkutan dapat menutupnya, bahkan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *