Cara Membuat Daftar File (Filename List) dengan Mudah, Tanpa Software Apapun

Jika anda seorang kantoran yang bekerja di hadapan laptop/komputer seharian, kadang kala kita menghabiskan waktu hanya untuk menulis ulang daftar file di sebuah folder untuk suatu keperluan, misalkan mendata file dokumen di suatu folder. Bukan hanya di pekerjaan saja, bahkan kadang kita kesulitan hanya untuk mendata daftar film/musik yang kita simpan di komputer jika kita tak tahu cara cepatnya. Apalagi, jika koleksi film/musik yang kita simpan sangat banyak.

Sebenarnya cara membuat daftar file sangat mudah. Bisa juga untuk membuat daftar folder, lengkap dengan lokasi penyimpanannya. Untuk itu, simak cara cepatnya berikut ini.

Dengan Menggunakan Shift+Klik kanan.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol SHIFT dan klik kanan secara bersamaan. Pertama, blok semua file/folder yang akan didaftar, bisa dengan CTRL+A. Setelah terblok semua, tekan tombol SHIFT dan tahan, kemudian klik kanan. Pada menu drop down, klik pada pilihan “Copy as Path”. Setelah itu, buka notepad atau word atau sejenisnya. Paste atau CTRL+V. Maka daftar file/folder akan muncul beserta lokasinya.

Lihat video dibawah ini untuk lebih jelasnya:

Dengan Menggunakan Command Prompt

Cara ini memang tidak sepraktis cara pertama, namun memberikan pilihan seperti apa daftar yang akan dibuat. Pilihan pertama yaitu dengan membuat daftar file/folder beserta lokasinya dan ukuran file. Pilihan kedua yaitu hanya membuat daftar nama file/folder saja. Pilihan ketiga yaitu dengan membuat daftar nama file dan lokasinya termasuk subfolder.

Sebagai langkah awal, anda harus merubah direktori. Setelah sesuai dengan direktori yang akan anda buat daftarnya, anda bisa memasukkan perintah sesuai pilihan sebagai berikut.

Perintah untuk mode pilihan pertama:

E:\Movie>dir>namafile.txt

Perintah untuk mode pilihan kedua:

E:\Movie>dir/b>namafile.txt

Perintah untuk mode pilihan ketiga:

E:\Movie>dir/s/b>namafile.txt

Keterangan:

“E:\Movie” adalah direktori yang akan anda buat listnya

“>dir/s/b” adalah perintah untuk membuat daftar file/folder

“>namafile.txt” adalah nama file untuk menyimpan daftar. Buatlah ekstensi .txt agar dapat langsung dibuka dengan mudah.

Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video dibawah ini:

Dengan menggunakan salah satu dari cara diatas, anda akan lebih mudah mendata daftar file anda, mulai dari dokumen, file music/movie, hingga koleksi foto

Semoga Bermanfaat!

One thought on “Cara Membuat Daftar File (Filename List) dengan Mudah, Tanpa Software Apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *