Belanja Online. Siapa Takut?

Jaman sekarang ini teknologi sudah semakin maju. Dengan majunya teknologi, semuanya menjadi serba praktis dan mudah. Tak terkecuali untuk urusan menghabiskan duit (Baca: Shopping).

Membeli barang secara online sudah bukan menjadi hal yang asing lagi. Semua orang sudah bisa berbelanja secara online hanya dengan modal smartphone dan data. Apalagi, semua bank sudah menyediakan internet banking untuk memudahkan transaksi tanpa perlu ke Teller bahkan ke ATM.

Sekarang sudah banyak penyedia jual-beli secara online, mulai dari yang hanya mempertemukan pembeli dan penjuadl, hingga menyediakan rekber (rekening bersama) dan jasa pengiriman. Mulai dari barang brand new in box, hingga barang-barang bekas.

Memang, beberapa orang masih lebih gemar window shopping dan berbelanja secara langsung. Mengelilingi Mall memang memiliki kesenangan tersendiri yang tidak bisa digantikan, khususnya bagi kaum hawa. Berbelanja secara langsung juga memungkinkan pembeli untuk melihat dan meraba barang yang diincar sehingga dapat lebih meyakinkan dalam membuat keputusan untuk membeli atau tidak.

Namun, dibalik itu semua, berbelanja secara online juga memberikan kelebihan dan kemudahan yang tidak ditawarkan ketika berbelanja secara langsung. Berbelanja secara online bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari, sambil nonton TV atau sambil memasak, apalagi jika sudah terhubung dengan internet banking. Selain itu, ketika berbelanja secara online, kita bisa membandingkan harga secara langsung dari banyak toko sekaligus. Hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan harga yang paling murah. Yang paling penting, online-shopping dapat menjangkau semua daerah, asalkan daerah tersebut terjangkau sinyal internet dan ekspedisi.

Beberapa penyedia layanan jual-beli online juga menyediakan rekening bersama, misalakan Tokopedia. Uang yang anda bayarkan hanya akan diteruskan ke penjual setelah anda menerima barang yang anda beli. Tentu saja ini sangat membantu anda yang masih ragu masalah kepercayaan dalam jual beli online.

Barang bekas juga bisa menjadi objek jual-beli online, misalkan di melalui olx. Di olx.com hanya memfasilitasi dalam mempertemukan penjual dan pembeli. Penjual memasang iklan pada olx dan ketika ada pembeli yang tertarik, pembeli akan mendapatkan kontak penjual yang bisa dihubungi.

Seberapa sering anda berbelanja online?

5 thoughts on “Belanja Online. Siapa Takut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *