Mengenal IHSG

Apa itu IHSG?

IHSG adalah kependekan dari Indeks Harga Saham Gabungan. IHSG sendiri merupakan sebuah indeks yang digunakan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menggambarkan nilai pasar saham secara umum. IHSG naik, merepresentasikan pergerakan harga saham naik secara umum atau rata-tata, dan sebaliknya. Bahasa awamnya, jika IHSG naik, kebanyakan harga saham naik, jika IHSG turun, kebanyakan harga saham turun. Dikatakan kebanyakan, karena tidak semuanya, atau bisa dibiliang rata-rata. Harga saham yang digunakan dalam menghitung IHSG adalah harga saham di pasar reguler yang didasarkan pada harga yang terjadi berdasarkan sistem lelang.

Apa Fungsi IHSG?

IHSG diciptakan untuk berbagai tujuan dan fungsi, diantaranya adalah:

  1. Menggambarkan pergerakan trend pasar saham. Seperti yang dijelaskan diatas, IHSG dapat digunakan untuk menggambarkan pergerakan harga saham secara umum.
  2. Gambaran kinerja portofolio investor. IHSG dapat digunakan untuk menentukan kinerja portofolio investor sebagai gambaran umum trend pasar saham.
  3. Indikator keuntungan dan kerugian. IHSG juga menjadi salah satu komponen yang mencerminkan kondisi ekonomi. Hal ini juga mempengaruhi kemungkinan keuntungan atau kerugian bagi investor sehingga investor dapat memutuskan apakah akan menanamkan modalnya.

Apa Yang Menentukan IHSG?

Nilai Dasar akan disesuaikan jika terdapat perubahan modal emiten atau faktor lain yang tidak terkait dengan harga saham. Penyesuaian akan dilakukan bila ada tambahan emiten baru, right issue, company listing, warant dan obligasi konversi demikian juga delisting.

Namun, nilai dasar tidak akan disesuaikan jika nilai pasar tidak terpengaruh, misalnya dalam hal stock split atau dividen saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *