Menabung Emas. Worthed Kah?

Menabung Emas – Kenapa kami sebut menabung emas? kenapa bukan investasi emas? Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai tukar yang tetap. Pada dasarnya bukan nili emas yang naik, akan tetapi nilai uang itu sendiri yang menurun akibat inflasi sehingga harga emas secara nominal naik.

Lalu apakah menabung emas adalah kegiatan yang merugikan? Tentu saja tidak. Berbeda dengan menyimpan uang, menyimpan emas dapat mempertahankan nilai kekayaan anda. Jika anda menabung uang 100 juta rupiah dan anda biarkan selama setahun, maka nominal uang anda mungkin akan naik (karena bunga bank) namun nilainya menurun tergerus inflasi. Uang 100 juta di 5 tahun yang akan datang tentu nilainya lebih kecil dari uang 100 juta sekarang. Misalkan sekarang harga mobil 100 juta, mungkin 5 tahun yang akan datang harganya 200 juta untuk mobil yang sama. Jadi uang 100 juta anda yang bisa ditukarkan dengan mobil, pada 5 tahun yang akan datang tidak lagi bisa untuk membeli mobil.

Bagaimana dengan menabung emas? emas dapat mempertahankan nilainya. Tidak bisa saya bilang sebagai investasi juga. Misalkan anda menyimpan emas 200 gram senilai 100 juta rupiah. Kemudian, 5 tahun yang akan datang harga emas 200 gram menjadi 200 juta rupiah. Jika kita permisalkan dengan mobil juga, maka harga mobil sekarang bisa anda dapatkan dengan 200 gram emas. Dan 5 tahun yang akan datang, emas 200 gram juga masih bisa ditukarkan dengan mobil yang sama.

Tentu saja uraian tersebut hanyalah contoh. Bisa saja meleset tapi intinya sama, bahwa emas adalah untuk mempertahankan nilai tukar. Yang perlu diingat, jika anda membeli emas di toko emas hari ini dan menjualnya besok, kemungkinan besar anda akan rugi karena ada biaya yang tidak bisa diuangkan, misalnya biaya cetak/produksi.

Begitulah kira-kira tentang karakteristik emas. Emas memang bukan untuk investasi, namun sangat efektif untuk menabung dan mempertahankan nilai tukar kekayaan anda. Menabung emas lebih mampu mempertahankan nilai tukar daripada menyimpan uang anda di bank yang bunganya jauh sekali dari inflasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *