Search Engine Optimization (SEO), Seberapa Penting?

Dalam hal menulis blog atau Youtube, dikenal istilah Search Engine Optimization (SEO), yaitu pengoptimalan kata kunci untuk dapat dirayapi oleh mesin pencari. Kebanyakan user mencari informasi melalui Search Engine (misal Google, Yahoo!, Bing). Untuk itu diperlukan kata kunci agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh user. Sekarang, seberapa pentingkah SEO dalam membuat blog atau youtube?

Untuk situs yang baru berdiri atau masih memiliki sedikit artikel, memang diperlukan SEO agar dapat dirayapi oleh mesin pencari sehingga dapat terindeks dan tampil di halaman mesin pencari. Dengan perkembangan teknologi dan kompleksitas algoritma mesin pencari seperti Google, SEO bukanlah satu-satunya penentu untuk bisa menampilkan halaman blog anda di halaman pertama.

Banyak yang membuka les/kursus yang mempelajari khusus tentang SEO. Tools-tools SEO juga banyak tersedia dan banyak yang gratis juga. Namun, kadang hasilnya masih nihil. Prinsipnya, SEO hanya mengacu pada kata kunci dalam perayapan mesin pencari. Judul biasanya diutamakan. Menautkan tag juga ikut berkontribusi pada mesin pencari.

Jadi intinya, SEO memang penting, tapi bukanlah yang utama. Untuk membuat blog jangka panjang, buatlah konten yang berkualitas untuk menjaring pengunjung. Dengan konten yang berkualitas, lebih besar kesempatan user untuk bookmark blog anda dan mengunjunginya lagi lain waktu ketika membutuhkan informasi.

Utamakan konten rich text, penjelasan secara narasi, bukan berfokus pada gambar. Terlalu banyak gambar membuat blog anda lebih berat untuk dimuat dan menyusahkan user. Selain itu, dengan kata-kata yang banyak, tanpa disadari anda juga membuat kata kunci yang nantinya juga akan dirayapi oleh mesin pencari.

Menulislah secara konsisten dan tekun. Kebanyakan orang yang menulis blog dan menautkan blognya dengan adsense hanya berorientasi pada keuntungan, sehingga ketika hasil yang didapatkan tidak sesuai, orang tersebut berhenti menulis. Jadilah orang yang tekun. Setiap kerja keras pasti ada bayarannya, meskipun progresnya lambat namun pasti.

One thought on “Search Engine Optimization (SEO), Seberapa Penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *