Ketentuan Baru Menjadi Mitra Youtube Semakin Sulit?

Selain situs media share video terpopuler didunia, Youtube adalah salah satu situs terbaik dalam mendapatkan penghasilan dari iklan. Dulunya, menjadi mitra youtube sangatlah mudah, cukup upload satu video saja, anda sudah dapat menautkan akun adsense anda dan menjadi mitra youtube untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak orang melihat peluang ini dan beramai-ramai mendaftar. Hal ini juga menarik perhatian bagi orang-orang yang hanya tertarik dengan keuntungan yang bisa dihasilkan, sehingga banyak content video yang kurang berkualitas yang terupload di Youtube. Cela ini tidaklah menguntungkan bagi user (penonton)  Youtube dan secara langsung dapat menurunkan rating Youtube. Hal ini memaksa Youtube untuk memantau perkembangan situsnya. Kebijakan demi kebijakan mulai diterapkan, mulai dari copyright, review, hingga minimum requirement untuk menjadi mitra youtube dengan view minimal sebanyak 10.000 view.

Ketentuan Baru

Kebijakan-kebijakan yang diterapkan dirasa masih kurang untuk mengakomodasi user Youtube. Dan pada akhirnya, per Januari 2018, Youtube menerapkan persyaratan baru untuk bergabung menjadi mitra youtube, yaitu channel harus mendapatkan 10.000 views (tayangan) dan 4.000 hours watch time (waktu menonton – jam) dalam 12 bulan terakhir serta memiliki minimal 1.000 subscriber (pelanggan).

Semakin Sulit?

Ketentuan baru ini mungkin cukup menyulitkan channel-channel kecil yang masih baru. Namun, hal ini dapat mengurangi channel abal-abal yang hanya ingin meraup keuntungan tanpa memperhatikan kebutuhan user. Masih worthed kah mencari peruntungan di Youtube? Tergantung dari niat anda. Persyaratan yang sulit ini tentu memacu motivasi untuk berkreasi lebih tekun dan lebih inovatif. Untuk meraih keuntungan instan, mungkin bukan pilihan yang tepat, namun, jika melihat ke depan untuk jangka panjang, tentu saja menjadi mitra Youtube masih merupakan sampingan yang prospektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *