Cara Menggunakan AdMob Agar Mendapatkan Keuntungan

Google AdSense dan Google AdMob adalah sesuatu yang berbeda. Banyak orang beranggapan bahwa kedua hal tersebut adalah sama. AdMob adalah platform atau bisa juga dibilang mitra kerja dalam pembuatan iklan pada aplikasi. Berikut ini adalah cara menggunakan AdMob untuk pemula agar bisa mendapatkan keuntungan.

1. Buat Akun

Pertama-tama cara menggunakan AdMob adalah harus mempunyai akun google terlebih dahulu. Tetapi di sini disarankan untuk membuat akun baru saja. Tapi jika ingin menyambungkan ke akun google yang sudah dimiliki juga bisa. Yang terpenting adalah yang tidak terhubung ke akun youtube. Untuk membuat akun AdMob ini bisa langsung daftar ke situs web resminya AdMob Google.

Dalam membuat akun baru AdMob akan diminta untuk mengisi Negara, Tipe Akun, nama, Alamat, No telp yang masih aktif. Karena nantinya Google akan mengirim kode verifikasi ke nomor telepon tersebut. Setelah data terisi maka klik continue. Lalu akan diminta untuk mengisi mata uang metode pembayaran yang diinginkan. Lalu ikuti step berikutnya dan setelah langkah-langkah selesai maka akan muncul tombol klik get started. Dan akun AdMob sudah dapat digunakan untuk bisa menghasilkan uang.

2. Buat Kode Iklan AdMob

Cara menggunakan AdMob agar dapat mendapatkan uang tidak hanya dengan memiliki akun AdMob saja loh. Dan untuk memasang iklan harus memiliki semacam kode terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kode tersebut bisa dengan tiga cara. Yang pertama adalah pilih monetize pada kolom atas.

Lalu nantinya akan muncul sebuah kolom. Dan pilih add your app manually. Dan diminta untuk mengisikan nama aplikasi dan pilih platform yang diinginkan. Setelah itu bisa klik add app. Anda akan diminta untuk memilih iklan yang ingin ditampilkan yaitu banner atau interstitial. Lalu di bawahnya centang kolom text dan image yang tersedia di ad type. Untuk automatic refresh pilih yang refresh rate 60. Dan ketik ad unit name terserah. Lalu klik save.

Setelah itu akan muncul kode AdMob dan copy lalu simpan. Untuk penggunaan kode ini bisa di letakkan di aplikasi yang telah dibuat. Lalu klik done.

3. Membuat Iklan

Untuk membuat iklan sebelumnya akan diminta untuk mengisi nama dan jenis aplikasi. Isi nama aplikasi dan pilih jenisnya android atau OS. Lalu terdapat 3 pilihan iklan yang bisa dibuat. Tetapi lebih banyak yang dipakai adalah yang banner. Klik banner, dan akan muncul kolom untuk mengisikan nama iklan. Dan Anda memang harus untuk mendaftarkan aplikasi ke AdMob agar bisa mendapatkan iklan.

4. Buat Aplikasi

Dan untuk menggunakan Google AdMob agar mendapatkan pundi-pundi uang adalah harus dengan memiliki aplikasi. Banyak software yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi. Dan di sarankan untuk membuat aplikasi yang memang dibutuhkan oleh pengguna android. Atau yang peminatnya banyak seperti game, atau aplikasi lainnya.

5. Memanfaatkan Fitur Yang Ada

Cara yang terakhir dalam menggunakan AdMob agar mendapatkan keuntungan adalah dengan cara memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Google AdMob. Banyak fitur AdMob yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan aplikasi, atau untuk menampilkan iklan pada smartphone. Salah satu fiturnya adalah AdMob Native Ads, fitur ini dapat menyesuaikan iklan agar berbaur dengan bentuk dan fungsinya. Dan dengan fitur ini juga bisa membuat experience untuk para pengguna.

Baca Juga: 9 Software Keren untuk Membuat Aplikasi Android

Walaupun saat ini banyak cara curang untuk mendapatkan uang dari Google AdMob. Tetapi sebaiknya cara tersebut dihindari karena nantinya akun yang dimiliki akan dibanned oleh Google. Cara menggunakan AdMob memang diharuskan memiliki aplikasi terlebih dahulu. Tetapi jika tidak mempunyai aplikasi pun masih bisa. Tetapi memang lebih beresiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *